Breaking News

Luar Biasa! Ini 5 Khasiat Mandi Pagi Pakai Air Dingin, Rugi Kalau Pakai Air Hangat


InternasionalBerita -Memulai hari dengan mandi pagi bukan hanya sekadar rutinitas harian, melainkan kebiasaan yang membawa sejumlah manfaat positif bagi kesehatan dan produktivitas. 

Selain untu membersihkan kotoran dan keringan pada tubuh, mandi pagi juga merupakan cara yang efektif untuk membangunkan tubuh serta pikiran untuk siap beraktivitas.

Paparan air yang menyentuh kulit tidak hanya memberikan sensasi segar, tetapi juga memiliki efek merangsang yang dapat membuat tubuh lebih cepat "terbangun" dan siap menghadapi aktivitas hari itu.

Mandi pagi dengan air dingin telah lama dikenal sebagai kegiatan yang tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. 

Meskipun beberapa orang mungkin menghindarinya karena gak nyaman mandi dengan suhu air yang dingin, tapi sebaiknya kita menyadari bahwa manfaat yang dapat diperoleh jauh lebih besar dibaliknya.

Berikut merupakan 5 khasiat mandi pagi pakai air dingin daripada pakai air hangat:

Boost Energi Tubuh Seharian

Salah satu manfaat utama dari mandi pagi adalah dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan pada tubuh. Penelitian yang dilakukan dan dipublikasikan dalam jurnal PLOS One mengungkapkan bahwa sensasi segar yang dirasakan setelah mandi pagi hampir setara dengan dorongan energi yang diberikan oleh kafein. 

Respon tubuh terhadap air dingin menyentuh kulit menciptakan efek seperti "bernapas" sehingga bisa meningkatkan detak jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. 

Dengan begitu, kamu akan terasa lebih bersemangat beraktivitas sepanjang hari.

Meningkatkan Mood

Selain dapat meningkatkan energi pada tubuh, mandi pagi juga memiliki dampak positif pada suasana hati, yaitu meningkatkan mood.

Mandi pagi dengan air dingin terbukti bisa merangsang titik biru dalam otak yang menjadi sumber noradrenalin, zat kimia organik yang dapat mengurangi tingkat stres dan depresi. 

Selain itu, produksi hormon endorfin yang dipicu oleh air dingin dapat memberikan perasaan senang, tenang, dan bahagia, menyumbang pada peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan.

Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Kebiasaan mandi pagi secara rutin setiap hari ternyata bisa menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Mandi pagi dengan air dingin terbukti bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kinerja arteri, serta meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan dalam melawan infeksi dan penyakit. 

Selain itu, mandi pagi dapat membantu menurunkan tekanan darah, membuat jantung lebih sehat, dan memperbaiki sel-sel sistem kekebalan tubuhn.

Kulit dan Rambut Jadi Lebih Sehat

Manfaat kesehatan yang tak kalah penting dari mandi pagi adalah menjaga kondisi kulit dan rambut menjadi lebih sehat.

Mandi pagi  dengan air dingin secara rutin dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengencangkan pori-pori, dan memberikan nutrisi serta oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatan kulit. 

Selain itu, mandi pagi dengan air dingin dapat membantu mengurangi masalah seperti kulit kusam, rambut rontok, dan lingkar hitam di bawah mata.

Baca Juga: Fatal! Ini 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Bisa Berbahaya, Segera Periksa ke Dokter

Membuat Otak dan Otot Kuat

Efek positif mandi pagi juga mencakup dukungan terhadap fungsi kognitif otak, peningkatan sirkulasi darah, dan metabolisme tubuh yang lebih baik. 

Manfaat lainnya yaitu bisa meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita, yang dapat meningkatkan kesuburan dan gairah seksual. Selain itu, mandi pagi juga dapat memberikan efek relaksasi, menurunkan tingkat stres, dan membantu melawan berbagai penyakit.

Kebiasaan mandi pagi dengan air dingin juga bisa meredakan nyeri otot setelah beraktivitas.

Dengan berbagai manfaat tersebut, mandi pagi dapat dianggap sebagai investasi kesehatan yang penting. 

Meskipun beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk mengatasi suhu air dingin, manfaat jangka panjang yang dapat diperoleh seharusnya menjadi motivasi untuk mandi pagi dengan air dingin.

© Copyright 2022 - INTERNASIONAL BERITA - BERITA MASA TERKINI