Breaking News

Jenis dan Efektivitas Kacamata Terapi, Diyakini Bisa Membuat Penglihatan Mata Lebih Baik

InternasionalBerita Kacamata terapi merupakan alat bantu penglihatan yang dirancang untuk membantu memperbaiki kondisi penglihatan seseorang. 

Jenis kacamata ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori dengan manfaat yang berbeda-beda, meskipun juga masih terdapat keraguan terkait efektivitasnya. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis kacamata terapi yang sesuai dengan kebutuhan penglihatan.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata terapi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Konsultasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa jenis kacamata terapi yang dipilih sesuai dengan kondisi penglihatan yang sedang dialami. 

Dokter dapat memberikan evaluasi yang akurat terhadap masalah penglihatan dan menyarankan jenis kacamata terapi yang paling tepat.

Penting untuk diingat bahwa kacamata terapi bukanlah pengganti konsultasi dokter mata profesional. Penggunaan kacamata terapi sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dan rekomendasi dokter mata yang memahami kondisi mata dan kebutuhan visual seseorang secara spesifik. 

Dengan melakukan langkah-langkah ini, diharapkan bahwa penggunaan kacamata terapi dapat memberikan manfaat yang optimal dalam memperbaiki kualitas penglihatan.

Jenis-jenis Kacamta Terapi

Saat ini ada beberapa jenis kacamata terapi yang bisa Anda gunakan. Setiap jenisnya, punya keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Jadi, cobalah untuk memahaminya lebih dulu dan kira-kira mana yang cocok dengan kebutuhan Anda.

1. Pinhole Glasses

Beberapa jenis kacamata terapi yang sering digunakan untuk membantu perbaikan penglihatan antara lain adalah pinhole glasses. 

Kacamata ini dirancang khusus untuk mengatasi masalah rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisme. 

Dengan lensa yang dilapisi oleh selembar plastik gelap dan dilengkapi lubang-lubang kecil seperti jarum, pinhole glasses bertujuan membantu fokus pancaran cahaya langsung pada retina mata. 

Selain itu, kacamata ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi beberapa kondisi lain seperti mata katarak, distorsi kornea, dan aniridia.

Aniridia adalah kondisi dimana bagian iris mata tidak berkembang dengan sempurna atau bahkan tidak terbentuk sama sekali, dapat menyebabkan gangguan pada pupil dan sensitivitas terhadap cahaya. 

Pinhole glasses dianggap dapat memberikan manfaat bagi penderita aniridia dengan membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata, sehingga dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

Meskipun beberapa produsen mengklaim manfaat pinhole glasses sebagai kacamata terapi, tetapi manfaatnya masih diragukan dan belum dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Catatan Penting untuk Pinhole Glasses

Penggunaan kacamata terapi ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti membuat penglihatan menjadi buram dan terhalang. 

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menggunakannya saat berkendara atau mengoperasikan mesin karena dapat mengurangi lapangan pandang.

Perlu diingat bahwa pinhole glasses sebaiknya digunakan di bawah pengawasan dan rekomendasi dokter mata. 

Meskipun dapat memberikan efek baik pada beberapa orang, kacamata terapi ini umumnya digunakan oleh dokter mata sebagai alat bantu diagnosis dan bukan sebagai metode pengobatan. 

Selain itu, penggunaan pinhole glasses untuk membaca juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan kelelahan mata.

Baca Juga: 8 Cara Bersihkan Biang Keringat Wajah, Langsung Mulus Seketika

2.  Orthoptic Glasess

Orthoptic glasses adalah kategori kacamata terapi yang umumnya digunakan oleh dokter spesialis mata untuk mengatasi serta mengontrol koordinasi dan pergerakan bola mata, dengan tujuan utama untuk memperbaiki penglihatan. 

Jenis kacamata terapi ini dapat diindikasikan untuk menangani sejumlah masalah mata yang melibatkan aspek-aspek tertentu dari fungsi visual.

Beberapa masalah mata yang diduga dapat diatasi dengan menggunakan kacamata terapi orthoptic meliputi ketidakfokusan penglihatan, ambliopia (mata malas), masalah penglihatan yang terkait dengan cedera otak, mata juling, penglihatan ganda, serta gangguan pada gerakan bola mata dan penglihatan pada anak-anak. 

Kacamata ini juga dapat berguna untuk mengatasi kondisi binokuler atau ketidakmampuan menggunakan kedua mata secara bersama-sama.

Catatan Penting untuk Orthoptic Glasses

Walaupun beberapa dokter mata merekomendasikan penggunaan kacamata orthoptic, terdapat perbedaan pendapat di kalangan profesional kesehatan mata. 

Hal ini disebabkan oleh keterbatasan data klinis yang mendukung efektivitas kacamata terapi ini, sehingga beberapa dokter mungkin tidak secara tegas menganjurkannya.

Penting untuk mencatat bahwa sebelum memutuskan untuk menggunakan kacamata terapi orthoptic atau ingin memahami lebih lanjut mengenai potensi efek dari penggunaannya.

© Copyright 2022 - INTERNASIONAL BERITA - BERITA MASA TERKINI