Breaking News

8 Cara Bersihkan Biang Keringat Wajah, Langsung Mulus Seketika

InternasionalBerita - Kondisi punya biang keringat di wajah tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menyebabkan kulit terasa gatal, merah, dan perih. 

Untuk mengatasi biang keringat di wajah, dapat dilakukan dengan berbagai cara berikut ini.

Salah satu metode yang efektif adalah dengan menempelkan kompres dingin atau mengoleskan losion kalamin pada wajah.

Langkah-langkah ini bertujuan untuk menenangkan dan mendinginkan kulit, mengurangi peradangan, meredakan gatal, serta mencegah potensi infeksi.

Meskipun biang keringat cenderung hilang dengan sendirinya, penanganan yang tepat dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. 

Baik pada kondisi cuaca panas atau saat kulit bersentuhan langsung dengan pakaian, biang keringat dapat terjadi. Pada orang dewasa, penggunaan masker atau penutup wajah dapat menjadi pemicu munculnya biang keringat di wajah karena menyebabkan pori-pori tersumbat dan keringat sulit keluar. 

Sementara itu, bayi lebih rentan mengalami biang keringat karena pori-pori kulitnya belum sepenuhnya berkembang dan belum dapat mengontrol suhu tubuh dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berbagai cara mengatasi biang keringat di wajah, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan mencegah potensi komplikasi. 

Untuk mengatasi biang keringat di wajah, terdapat berbagai metode yang dapat diterapkan dengan fokus utama pada menjaga kulit tetap sejuk agar tidak berkeringat. 

Langkah-langkah ini bertujuan untuk mempercepat penyembuhan dan memberikan kenyamanan, mengingat biang keringat dapat menyebabkan kulit merasa gatal, merah, dan perih. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Coba Kompres Wajah dengan Air Dingin

Menempelkan waslap yang telah direndam air dingin atau kompres es yang dibalut handuk ke area biang keringat di wajah dapat menenangkan kulit yang meradang. Proses pendinginan ini membantu menghilangkan biang keringat, dan hasilnya dapat terlihat setelah kulit menjadi lebih dingin.

Pakailah Losion Kalamin

Losion kalamin dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang gatal dan mencegah iritasi. Meskipun aman, penggunaan losion kalamin perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai area mata dan mulut.

Pakai Bedak Khusus Biang Keringat

Penggunaan bedak biang keringat, atau bedak talc, dapat membantu menyerap keringat berlebih dan mencegah sumbatan kelenjar keringat. Pilihlah bedak tanpa tambahan pewangi untuk hasil yang lebih  optimal.

Usahakan Selalu di Tempat yang Sejuk

Agar biang keringat dapat cepat hilang, coba usahakan untuk tetap berada di dalam ruangan yang sejuk, terutama dengan adanya kipas angin atau AC. Hindari paparan terus-menerus terhadap panas atau sinar matahari yang berlebihan karena dapat memperparah biang keringat.

Pakai Masker Oatmeal

Masker oatmeal dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan di kulit. Pastikan suhu ruangan tetap sejuk agar kulit tidak mengalami iritasi selama penggunaan masker oatmeal.

Baca Juga: 6 Cara Bersihkan Kerak Gigi Secara Alami, Jadi Putih dan Makin Bersinar

Jangan Pakai Produk Berbahan Dasar Minyak

Hindari dulu produk perawatan kulit atau riasan yang mengandung minyak dan mineral, seperti pelembap dan sunscreen. Produk tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk biang keringat.

Selalu Pakai Pakaian yang Longgar dan Ringan

Kenakan pakaian yang longgar dan ringan agar tidak menempel di kulit. Langkah ini membantu mencegah iritasi dan memberikan ruang untuk penyembuhan biang keringat.

Jangan Sampai Menggaruk Biang Keringat

Menahan diri untuk tidak menggaruk area yang gatal merupakan langkah penting dalam menghindari iritasi dan potensi infeksi. Tepuk-tepuk area yang gatal sebagai alternatif.

Selain itu, untuk mencegah munculnya biang keringat, beberapa tips termasuk penggunaan sarung bantal yang menyerap keringat, pemilihan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan mengonsumsi air putih yang cukup setiap hari. 

Jika upaya ini tidak cukup efektif atau gejala biang keringat semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

© Copyright 2022 - INTERNASIONAL BERITA - BERITA MASA TERKINI