Breaking News

Sering Sakit Lutut? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengobatinya dengan Cepat

InternasionalBerita - Sakit lutut dapat menimpa siapa saja, baik usia muda maupun tua.

Tingkat keparahan sakit lutut bervariasi tergantung pada penyebabnya. Gejalanya pun berbeda-beda mulai dari pembengkakan, kemerahan, dan kesulitan dalam pergerakan sendi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir! Saat ini banyak metode yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit atau nyeri pada lutut.

Adanya penanganan yang tepat sangat penting untuk mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan. 

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi sakit lutut agar kita dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman dan bugar.

Apa Penyebab Sakit Lutut?

Berbagai faktor dapat meningkatkan risiko sakit lutut, termasuk kelebihan berat badan, kurangnya fleksibilitas otot, dan riwayat kecelakaan. 

Namun, umumnya sakit lutut disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

Faktor Usia

Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan risiko sakit lutut adalah usia. Proses penuaan dapat menyebabkan perubahan degeneratif dalam sendi, seperti berkurangnya elastisitas kartilago dan penurunan kepadatan tulang. Oleh karena itu, semakin tua seseorang, semakin tinggi risiko mengalami masalah lutut.

Jenis Kelamin

Penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin juga dapat memainkan peran dalam risiko sakit lutut. Wanita cenderung memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan pria. Ini dapat terkait dengan perbedaan struktur tubuh dan hormonal, yang dapat mempengaruhi kondisi lutut.

Aktivitas Fisik

Tingkat aktivitas fisik seseorang dapat mempengaruhi kesehatan lutut. Aktivitas fisik yang berlebihan atau olahraga yang melibatkan tekanan berlebih pada lutut, seperti lari jarak jauh atau bermain bola basket, dapat meningkatkan risiko cedera dan sakit lutut. Sebaliknya, kekurangan aktivitas fisik juga dapat menyebabkan masalah lutut karena kelemahan otot dan penurunan fleksibilitas.

Riwayat Keluarga

Faktor genetik juga memainkan peran dalam risiko sakit lutut. Jika ada riwayat keluarga dengan masalah lutut, seseorang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengalami kondisi serupa. Oleh karena itu, penting untuk megetahui riwayat keluarga yang memiliki penyakit serupa.

Pekerjaan dan Aktivitas Harian

Pekerjaan yang melibatkan banyak berlutut atau mengangkat beban berat dapat meningkatkan risiko cedera lutut.Selain itu, posisi duduk yang buruk atau bekerja dalam lingkungan yang tidak ergonomis juga dapat memberikan tekanan tambahan pada sendi dan otot lutut.

5 Tips Mengobati Sakit Lutut

1. Memakai Obat-obatan

Untuk mengatasi sakit lutut, pilihan pertama seringkali melibatkan konsumsi obat-obatan tertentu. 

Dokter mungkin meresepkan non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) seperti ibuprofen, natrium naproxen, atau asetaminofen.

Obat-obatan ini dapat secara efektif mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan di sendi lutut.

2. Mengobati Secara Alami

Jika mengalami sakit lutut ringan, terdapat opsi pengobatan alami yang dapat dicoba di rumah. Salah satunya adalah menggunakan kompresi untuk menstabilkan lutut dan mengurangi pembengkakan. 

Penggunaan kunyit dalam makanan juga dapat memberikan manfaat berkat kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi nyeri lutut. 

Terapi panas, seperti menggunakan bantal pemanas atau handuk hangat, dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot, mengurangi lutut kaku.

3. Memperbaiki Pola Makan

Berat badan yang berlebih dapat mempengaruhi kekuatan sendi lutut, sehingga perbaikan pola makan menjadi penting. 

Peningkatan asupan asam lemak omega-3 dari makanan seperti ikan, kedelai, biji chia, dan kenari dapat membantu melawan peradangan pada sendi dan mengurangi nyeri. 

Pilihan makanan yang tepat dapat menjadi langkah proaktif untuk menjaga berat badan yang seimbang.

Baca Juga: 6 Khasiat Tersembunyi Temulawak yang Gak Banyak Orang Tahu

4. Rutin Olahraga

Meskipun sakit lutut mungkin membuat aktivitas fisik menjadi sulit, olahraga yang tepat dapat membantu. Bersepeda, berenang, dan jalan kaki termasuk olahraga ringan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mobilitas tubuh. 

Latihan seperti peregangan paha, juga dapat membantu mengurangi nyeri lutut.

5. Ambil Tindakan Medis Lanjutan

Jika sakit lutut sudah mencapai tingkat keparahan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, tindakan medis mungkin diperlukan. 

Opsi bedah seperti penggantian lutut total, penggantian lutut sebagian, atau penggantian tempurung lutut dapat menjadi solusi terakhir untuk meningkatkan kemudahan bergerak dan fungsi sendi lutut.

© Copyright 2022 - INTERNASIONAL BERITA - BERITA MASA TERKINI