Breaking News

10 Tips Jitu Jualan Online Laris Manis, Ada Langkah yang Sering Dilewatkan Banyak Orang

InternasionalBerita - Mulai bisnis online bagi orang yang gak punya pengalmaan mungkin terdengar menantang. 

Namun, adanya perkembangan teknologi bisa jadi peluang untuk membuka usaha rumahan secara online kamu jadi laris manis kalau strateginya tepat. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 cara jualan online untuk pemula dengan modal kecil dan tips agar produk kamu laris di pasar yang semakin kompetitif.

1. Susun Rencana Bisnis

Langkah pertama yang paling penting yaitu menyusun rencana bisnis dengan cermat. Ini mencakup aspek-aspek seperti pemilihan nama brand, produk yang akan ditawarkan, penetapan harga, dan perencanaan keuangan. Sebuah rencana bisnis yang matang menjadi dasar kesuksesan bisnis kamu nantinya.

2. Tetapkan Jenis Produk

Berikutnya, yaitu coba pertimbangkan apakah kamu mau menjual produk buatan sendiri atau jadi reseller saja.Kalau kamu produk buatan sendiri, perhatikan proses produksi dan perhitungan harga jual dengan teliti.

3. Cari Supplier

Pilih supplier atau produsen dengan cermat, perhatikan lokasi, harga, kualitas, dan ketersediaan stok barang. Pastikan kerjasama dengan supplier dapat mendukung keberlanjutan bisnis kamu.

4. Tentukan Target Pasar

Identifikasi target pasar kamu dengan jelas. Pahami nilai-nilai produk kamu yang dapat dinikmati oleh konsumen, dan sesuaikan strategi pemasaran yang sesuai dengan profil target pasar itu sendiri.

5. Tentukan Platform Berjualan Online

Pilih platform berjualan online yang sesuai dengan jenis produk kamu. Berbagai opsi platform yang bisa kamu pakai antara lain media sosial, website pribadi, atau marketplace seperti Lazada. Jangan lupa untuk selalu evaluasi keuntungan dan biaya yang ditawarkan oleh setiap platform.

Baca Juga: 8 Ide Usaha yang Minim Pesaing, Padahal Peminatnya Sangat Tinggi!

6. Tentukan Harga Jual

Hitung harga jual dengan mempertimbangkan harga pasar, biaya bahan baku, dan biaya operasional. Pastikan harga bersaing dan masih memberikan keuntungan yang memadai.

7. Lakukan Perhitungan Budget

Buatlah budgeting yang teliti untuk modal awal dan biaya operasional. Lakukan pencatatan dan pembukuan secara rutin untuk memantau arus kas bisnis kamu.

8. Adakan Promosi dan Diskon

Promosikan produk kamu untuk menarik minat pelanggan seperti membuat harga promo dan diskon. Dengan strategi promosi yang baik, konsumen akan memiliki kesan positif terhadap brand kamu dan cenderung untuk melakukan pembelian ulang.

9. Kelola Arus Kas

Mengelola arus kas dengan baik adalah kunci keberhasilan bisnis. Catat semua transaksi dan pastikan keuangan bisnis Anda teratur untuk memudahkan analisis dan perencanaan ke depan.

10. Lakukan Evaluasi dengan Testimoni Pelanggan

Terakhir,lakukan evaluasi secara berkala dengan memperhatikan testimoni dan masukan dari pelanggan. Hal ini bisa membantu memahami kelebihan dan kekurangan produk kamu, sehingga kamu bisa melakukan pengembangan agar produkmu jadi lebih berkualitas.

Tambahan Tips Sukses Jualan Online

- Persiapkan mental secara matang dan optimis.

- Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen.

- Bangun citra brand yang positif.

- Manfaatkan berbagai platform online.

- Kemas produk secara menarik untuk promosi.

- Pastikan kualitas produk yang optimal.

- Gunakan berbagai media promosi seperti Instagram Ads, Google Ads, SEO, Email Marketing, dan Content Marketing.

Ide Produk Jualan Online Terlaris:

- Makanan

- Produk Kecantikan

- Pakaian

- Aksesori

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih produk yang sesuai, kamu bisa mulai jualan online tanpa takut rugi lagi.

0 Comments

© Copyright 2022 - INTERNASIONAL BERITA - BERITA MASA TERKINI